Pattidana

WhatsApp Image 2018-03-05 at 12.06.04

 

 

RENUNGAN: “Perlunya Pattidana”

 

Apakah perlu melakukan pattidana?

Jika semua makhluk memiliki perbuatannya sendiri, mewarisi perbuatannya sendiri, terlahir dari perbuatannya sendiri, tergantung pada perbuatannya sendiri, begitulah orang berpikir dan bertanya.

Jawaban dari pertanyaam di atas setelah dipikirkan adalah sangat perlu melakukan pattidana kendati semua makhluk berhubungan dengan perbuatannya sendiri; karena semua makhluk perlu kondisi untuk membuahkan perbuatannya (karmanya) dan kondisi itu diperlukan dari pihak lain. Bagaikan lonceng bisa berbunyi, perlu ada pukulan sebagai kondisinya, kendati yang bunyi suara lonceng itu sendiri; demikian ilustrasi berbunyi lonceng berarti perbuatan telah berbuah, dan pukulan lonceng adalah pattidana.

Lonceng bisa berbunyi perlu dipukul, tanpa dipukul sebagai kondisinya lonceng tidak akan bisa berbunyi; demikian sangat perlu pattidana dari keluarga agar karma leluhur, sanak famili, serta semua makhluk yang perlu jasa dan yang mempunyai kesamaan karma, agar hidup bahagia.

(Bhikkhu Saddhaviro)

 

Narada School yang bernaung dibawah Yayasan Buddhis Theravada Indonesia akan mengadakan Pattidana – Puja Bakti Persembahan Kebajikan, dimana acara ini diselenggarakan dalam rangka bulan Ceng Beng untuk melimpahkan jasa-jasa kebajikan kita kepada para leluhur yang telah meninggal dan mungkin terlahir di alam menderita.

 

Di dalam acara ini nantinya para umat dapat menuang air (sebagai simbolis kita menyalurkan jasa kebajikan kepada para leluhur) secara serentak untuk persembahan kebajikan. Anda juga dapat menuliskan nama leluhur pada formulir dana untuk ditempatkan pada altar puja leluhur. Bhikkhu Sangha akan membacakan paritta untuk persembahan jasa kebajikan kita kepada leluhur tercinta.

 

Acara akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal                       : Minggu, 08 April 2018

Waktu                                    : pukul 17.00 WIB – selesai

Tempat                                  : Narada School – Kosambi Baru

Pembabar Dhamma         : YM. Dhammiko Thera

 

Bagi Anda yang tidak sempat hadir tetapi ingin berbuat kebajikan, dapat berpartisipasi dengan mengirimkan dana kepada Yayasan Buddha Dhamma Theravada Indonesia di Bank BCA Cab. Gunung Sahari, a/c: 003 303 2428.

Bukti transfer dana dapat di fax ke: (021) 54377132 atau dikonfirmasikan ke Ms. Chendrayani (Admin) di (021) 54377130/225/226.

 

Selain dana sukarela, panitia juga menyediakan paket puja, sebagai berikut:

Lilin kecil,                               dengan berdana Rp    100.000,-

Lilin sedang                           dengan berdana Rp    300.000,-

Lilin besar                              dengan berdana Rp    500.000,-

Lilin teratai & dupa               dengan berdana Rp 1.000.000,-

Arca Buddha *                       dengan berdana Rp 9.800.000,-

* Arca Buddha akan ditempatkan di ruang kelas sekolah-sekolah Buddhis anggota Adisthi (Abdi Pendidikan Buddhis Theravada Indonesia).

 

 

Mettacittena,

Panitia Pattidana

 

 

Related posts

Leave a Reply